Teaching Speaking


Speaking dalam proses pengajaran bahasa merupakan suatu proses penyampaian verbal terhadap sebuah ide. Speaking bisa juga dikatakan sebagai proses pengulangan dari real-life action. Ada banyak aspek yang harus kita perhatikan dalam pengajaran speaking diantaranya adalah; (1) accuracy; (2) fluency; and (3) meaning.

          1. Accuracy

Dalam speaking, hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah accuracy (ketepatan). Penilaian seorang pendidik bisa jadi sangat subjektif terhadap accuracy speaking seorang siswa. Accuracy  bisa juga kita artikan sebagai ketepatan seorang siswa dalam melafalkan kata-kata yang termaksud. Ketepatan siswa dalam melafalkan kata bisa sangat berbeda. Hal ini tergantung dari dialek dan atau idiolect yangdibawa oleh seorang siswa. Oleh karena itulah, aspek penilaian terhadap accuracy ini bisa jadi sangat subjektif.

      2. Fluency

Fluency (kelancaran) merupakan seberapa fasih seorang siswa dalam melafalkan kata-kata berbahasa asing. Ada banya factor yang menyebabkan kelancaran seseorang dalam melafalkan bahasa Asing (Inggris), salah satunya adalah habitual action (kebiasaan sehari-hari). Pada intinya,, haruslah terbiasa untuk bisa lancer berbahasa Inggris

      3. Meaning

Meaning yang saya maksud adalah penyampaian makna. Hal mendasar yang menyebabkan sesorang berbicara adalah untuk bertukar informasi. Oleh karena itu, aspek-aspek accuracy dan fluency haruslah bisa dikuasai secara mendasar untuk menyampaikan informasi.

 

Speaking Sequence

Speaking sequence dikatakan sebagai urutan dalam berbicara atau bisa juga berarti urutan dalam pengajaran speaking.  Secara jelas, pelajar dibagi menjadi tiga kelompokan (beginner, intermediate, advanced)

      1. Beginner

Beginner (pemula) dalam pengajaran bahasa dapat diasumsikan sebagai pelajar yang mengetahui sedikit kosa kata dalam bahasa Inggris. Untuk pelajar yang demikian, kita bisa menggunakan tekhnik deskripsi pada  benda-benda yang sederhana. Misal deskripsi pada buah-buahan, hewan, cuaca, musim dan lain-lain.

      2. Intermediate dan Advanced

Untuk siswa dalam level ini, pengajar bisa sangat mudah menerapkan berbagai metode speaking. Disini pengajar bisa menggunakan role-play (aturan main), debate, expressing the photos, dan lain-lain.

 

Beberapa Metode Yang Bisa Digunakan Untuk Mempelajari Dan Memperlancar Speaking in English

Layaknya manusia, untuk terbang kita menggunakan pesawat, untuk transportasi jarak menengah kita menggunakan motor atau mobil. Demikian juga untuk pengajaran speaking, berikut berapa metode yang bisa bermanfaat menurut Jeremy Harmer

  • Telling Story

Sperti judulnya, telling story merupakan aktivitas menyampaikan sebuah cerita oleh seorang siswa. Ada banyak cerita yang bisa diceritakan misalnya (dongeng, artikel, dan lain-lain) dan dalam bahasa Inggris tentunya

  • Favorite Object

Atau lebih dikenal dengan objek favorite, merupakan sebuah permainan dengan membentuk siswa dalam beberapa kelompok (1 kelompok 4 orang), untuk menceritakan 1 benda favoritnya

  • Baloon Debate

Baloon debate merupakan salah satu permainan favorit. Dimana ada sekelompok orang yang berada didalam sebuah balon yang kehilangan udara. Hanya ada 1 orang yang diperbolehkan bertahan diatas balon. Semua siswa akan diberikan jabatan yang penting menurut mereka (guru, pengacara,dokter, dan lain-lain), bisa juga tokoh-tokoh penting yang popular (Napoleon, James Watt, Gandhi, dan lain-lain)

Bagaimana? Cukup menyenangkan bukan mengajarkan speaking (dalam bahasa Inggris)kepada siswa. Memang mengajar itu tidak akan sesuai yang kita dapatkan dan harapkan. Jadi seorang

Pengajar haruslah lebih kreatif dalam, memodifikasi suatu ilmu yang didapat.

2 responses to “Teaching Speaking

  1. hi.. nama saya ahru saya ingin tanya tentang “favorite object” apa ada buku tersendiri yang membahas tentang game tersebut… untuk meningkatkan kemampuan speaking….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s