Teaching Reading


Dalam Ilmu bahasa kita mengenal adanya 4 skill yang harus dikuasai oleh siswa yaitu (reading, listening, writing dan speaking). Komprensibilitas terhadap ilmu-ilmu bahasa yang telah didapat dituntut untuk dsalurkan melalui keempat skill diatas dan salah satunya pada Reading (membaca).

Reading (membaca) merupakan suatu pengejaan kata yang diharap akan mendapatkan informasi dari teks, buku, artikel atau wacana yang dibaca. Dalam hal ini, nalar pembaca sangatlah dituntut dalam memahami suatu manuskrip. Nah, dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang dianggap sebagai bahasa asing di Indonesia, Reading merupakan element penting. Seorang pembaca dituntu harus memahami isi bacaan dari bahasa antah berantah yang ditulis di teks.

Lebih menyikapi dari problematika yang muncul dari kompleksitas bahasa Inggris yang ditampilkan, maka pengajaran terhadap reading sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Jeremy Harmer Telah mengemukakan dalam bukunya “How to Teach English (2007)” bahwa pengajaran reading seharusnya mengenal aspek-aspek sebagai berikut

  1.    Reason for Reading
  2.    Different Kinds of Reading
  3.    Reading Levels
  4.   Reading Skills
  5.   Reading Principles
  6.   Reading Sequences
  7.   More Reading Suggestions
  8.    Encouraging Students to Read Extensively

Mari kita coba untuk mengungkap bebrapa bagian yang dinilai cukup penting dalam proses pengajaran bahasa Inggris

1.       Reason For Reading

Seperti yang sudah saya kemukakan diatas bahwa, Reading (membaca) merupakan suatu pengejaan kata yang diharap akan mendapatkan informasi dari teks, buku, artikel atau wacana yang dibaca. Aka nada banyak tujuan dari kita untuk mengungkap pertanyaan “Untuk apakaha kita membaca?”.  Jeremy Harmer mengungkapkan bahwa seorang guru haruslah bisa meyakinkan muridnya untuk bisa membaca teks dalam bahasa Inggris, apakah tujuan itu bisa berarti membaca untuk karir, tujuan pendidikan atau hanya untuk kesenangan. Karena dengan membaca  teks berbahasa inggris seorang siswa dapat paling tidak menemukan kosa kata yang baru baginya

 2.       Reading Levels

Seperti kata Jeremy Harmer, Dalam mebaca juga mengenal adanya tingkatan. Tingkatan yang dimaksudkan oleh Harmer adalah Jenis teks yang dipilihkan untuk para siswa tergantung akan tingkatan siswa itu sendiri. Pakah siswa-siswa itu berada dalam tingkatan beginner, intermediate, atau advance. Pada tingkatan pemula, jenis bacaan yang mungkin diberikan adalah, timetable, menus, signs, weather  etc.

3.       More Reading Suggestion

More Reading suggestion bisa dikatakan sugesti lain dalam membaca. Bisa juga dikatakan merupakan metode lain yang bisa diterapkan untuk memberikan sugesti positif kepada siswa agar lebih tertarik untuk membaca. Ada banyak metode yang bisa digunakan oleh para guru menurut Jeremy harmer dalam bukunya “how to Teach English (2007)”, Namun saya hanya akan membahas tiga (3) diantaranya:

  1. Menggunakan koran–> Koran atau majalah dalam bahasa inggris bisa kita manfaatkan untuk proses pengajaran bahasa Inggris khususnya membaca. Siswa dituntut untuk mampu membaca artikel dalam koran atau majalah untuk didiskusikan dikelas mengenai informasi yang diperoleh
  2. Mengikuti Instruksi–> Metode ini lebih terlihat akan penggunaan prosedur yang tepat dalam melakukan sesuatu. Misalnya: memasak mi Instan, menggunakan buku telepon, membuat roti dan sebagainya.
  3. Puisi–> Puisi selalu dianggap sebagai untaian seni kata yang indah. Nah, para guru juga bisa menggunakan puisi sebagai aspek penting dalam proses membaca.

4.       Encouraging Students to Read Extensively

Encouraging Students to Read Extensively (Pendukung siswa untuk membaca secara ekstensif) bisa dilakukan dalam 4 hal menurut Jeremy Harmer yaitu:

  1. Perpustakaanà dimana ada buku untuk dibaca oleh para siswa
  2. Pilihan à ada banyak pilihan buku untuk menunjang keinginan siswa
  3. Timbal Balik à Setelah membaca siswa akan dihantui oleh perasaan ingin tahu yang besar. Oleh Karen itu, Guru juga bisa menjadi tempat untuk memberikan jawaban atau diskusi singkat sebagai timbale balik dari apa yang telah dibaca oleh siswa
  4. Timeà jumlah alokasi waktu yang diberikan oleh guru untuk membaca dan memahami suatu teks.

2 responses to “Teaching Reading

  1. wah,.. iya,.. benar mas ijal,.. saya seuju,.. jadi mengingatkan tentang pentingnya mengajarkan reading sesuai dengan tahap level dari anak didik,.. sip dah ,.. wah tampilan nya baru ya brow hehe siipp dah🙂 lanjutkan kawan nice,…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s