Task-Based Language Teaching (TBLT)


Perkembangan dunia pendidikan khususnya pengajaran bahasa telah membalikkan dan mematahkan konsep bahwa guru adalah pusat gravitasi pelajaran. Dengan bermunculannya banyak Teaching Approach di dunia pengajaran bahasa khususnya English Language Teaching (ELT) semakin mengukuhkan bahwa sentralisasi pengajaran bahasa terfokus pada siswa.

Begitu banyak pendekatan-pendekatan yang bisa dipakai dalam ELT, dan salah satunya adalah Task-Based Language Teaching (TBLT).

Apakah TBLT itu?

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa TBLT adalah sistem pengajaran bahasa yang terfokus pada tugas-tugas yang diberikan kepada siswa. (Hermayawati, 2011: 2) mengatakan bahwa, tugas-tugas(soal-soal) yang diberikan adalah pusat dari aktivitas pengajaran bahasa.

Secara empiris bisa dikatakan pemberian masalah atau soal kepada siswa akan menjadi tolak ukur untuk kemampuan dan pemahaman siswa terhadap suatu materi.

Bagaimanakah Konsepsi dari TBLT?

Secara umum penugasan terhadap siswa bisa dikatakan sebagai konsep dasar dari TBLT. Akan tetapi dalam hal ini penugasan siswa diawal materi/pertemuan menjadi ciri khas dari metode ini. Dari berbagai pengalaman yang sering kali dialami ole para guru adalah, ketika diberikan suatu materi baru, maka guru akan melakukan banyak elaborasi untuk menanamkan sebuah konsep kedalam pikiran siswa. Akan tetapi, didalam TBLT, siswa akan dituntut untuk memahami terlebih dulu materi yang akan disampaikan dan setelah itu penanaman konsep oleh guru akan terbatas pada penilaian benar atau salah, atau bahkan hanya pengayaan. Dengan metode ini peran guru sebagai supervisor akan lebih dioptimalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s