Kumon


Dunia pendidikan emang nggak ada matinya. Telah banyak metode pembelajaran yang telah diciptakan untuk mengakomodasi minat belajar, motivasi belajar dan kemampuan siswa. Akhir-Akhir ini kita sering melihat di TV tentang “Kumon”.

Sebenarnya apa sih ‘Kumon” itu?

Metode Kumon adalah metode belajar perseorangan. Level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan. Siswa mulai dari level yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Lembar kerjanya telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa terus belajar dengan kemampuannya sendiri, ia akan mengejar bahan pelajaran yang setara dengan tingkatan kelasnya dan bahkan maju melampauinya (http://id.kumonglobal.com/). Intinya adalah pembelajaran berjenjang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan anak.

Inti dari pembelajaran berjenjang yang diterapkan kumon adalah pemberian tugas sesuai skala kemampuan siswa. Kalau diperhatikan lebih jauh, Kumon nyaris memiliki kesamaan seperti metode-metode seperti: Quantum Learning dan Suggestopedia. Dimana guru bertindak sebagai supervisor. Dalam Kumon, kemandirian anak dalam menganalisa dan menjawab soal-soal (intinya latihan dan latihan), akan mengoptimalkan potensi diri. Dalam hal ini kemampuan seorang guru dalam membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa sangatlah dibutuhkan, guru-guru yang kreatif juga menjadi pondasi dari metode ini (saya rasa semua metode juga mengharapkan hal yang sama). Pengelompokan kemampuan individu dengan tidak menyamaratakan kemampuan siswa menjadi andalan dari metode ini. Dimana setiap siswa diberikan ruang kreatifitas dengan tingkatan-tingkatan yang disediakan. Dengan arti kata lain, seorang guru juga berperan sebagai konselor dalam proses perkembangan siswa.

Berikut Sistematika Pengajaran Kumon

dengan alur guru memberikan panduan kepada siswa—>dukungan orang tua terhadap siswa—>guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan orang tua

dengan kontrol mekanisme orang tua dan guru diharapkan motivasi siswa akan bertambah.

Sumber (http://id.kumonglobal.com/) (kumon.co.uk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s